-->

Cara Membuat pakan alternatip murah dan efektif dengan memadukan taman sayuran dan kolam lele, berikut konsep dan tipsnya ....

Pakan Lele dumboAlternatip Murah Memanfaatkan Daun-Daunan - Pakan lele dumboadalah makanan untuk ikan lele dumboyang merupakan sumber energi dan pertumbuhan serta perkembangbiakan lele. Pakan lele dumbodi alam adalah hewan-hewan kecil (plangton yang terdapat di sekitar habitat lele, di antaranya cacing, anak katak, plankton, jasad renik, dan hewan-hewan kecil lainnya. Seiring perkembangan teknologi, maka pakan lele dumboini telah banyak diproduksi secara masal oleh pabrik. Dengan pakan lele dumbopabrikan ini, maka lele dumbosemakin mudah untuk dibudidayakan sebagai alternatif usaha untuk menambah penghasilan keluarga.
gambar 1

Dengan pakan lele dumbopabrikan/pelet, umur pemeliharaan lele dumbomenjadi lebih cepat, dalam waktu maksimal 2 bulan, lele dumbosudah siap untuk dipanen. Namun di balik kemudahan itu, sekarang ini timbul masalah baru, yaitu semakin mahalnya harga pakan lele dumbopabrikan/pelet, sementara peningkatan harga jual lele dumbobelum bisa maksimal, atau bisa dikatakan bahwa harga lele dumbodari dulu hingga sekarang tetap saja pada -+ Rp. 10.000,- hingga Rp. 12.000,- per kg. Hal ini yang mengakibatkan para peternak lele dumbomerugi. Harga pakan semakin mahal tetapi harga lele dumbotetap.


Hal ini perlu dicarikan solusinya. Berbagai usaha dan uji coba telah dilakukan oleh para peternak lele dumboyang kreatif. Dengan mencoba meramu pakan lele dumbosendiri agar biaya produksinya bisa ditekan serendah mungkin. Ada beberapa peternak yang belum menemukan resep yang ampuh, yang ada lele dumbotidak mau besar. Tetapi ada juga peternak yang telah menemukan resep mujarab ramuan pakan lele dumbosederhana yang kualitasnya hampir menyamai pakan pabrikan/pelet.

Berikut ini di sampaikan trik dan tips bagaimana cara membuat pakan lele dumboberkualitas dengan bahan yang murah yang mudah kita dapatkan di lingkungan sekitar kita. Resep ini telah banyak dipraktikan oleh para peternak lele dumbodan hasilnya cukup memuaskan, jika ingin mencobanya, inilah resepnya:


Bahan-Bahan
1.      Daun turi
2.      Daun lamtoro
3.      Daun pepaya
4.      Daun kangkung
Resep ini tetap masih membutuhkan sumbangan protein dari pelet, namun jumlah pelet yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Dalam waktu 2 bulan dengan bibit lele dumbosebanyak 1000 ekor hanya membutuhkan pelet pabrikan sebanyak 42 kg. Sementara jika budidaya lele dumbomurni menggunakan pakan pelet, untuk 1000 ekor lele dumbosampai panen membutuhkan pelet sebanyak 80 kg.

gambar 2

Cara Pemberian Pakan Lele
1.      Pada minggu Pertama, benih lele dumbo ukuran 5-7 cm diberi pakan pelet sebanyak 2 kg, pada minggu kedua  diberi pakan pelet sebanyak 3 kg, pada minggu ketiga diberi pakan pelet sebanyak 4 kg.
2.      Pada minggu keempat ini lele dumbo sudah mulai diberi makan daun-daunan dan masih tetap diberi pakan pelet. Pada minggu IV diberi pakan berupa pelet 4 kg, daun turi 2 kg, lamtoro, 1 kg, pepaya 2 kg, dan kangkung 1 kg. Daun-daunan tersebut harus dipotong kecil-kecil agar lele dumbomudah untuk memakannya.
3.      Pada minggu kelima diberi pakan pelet 5 kg, turi 2 kg, lamtoro 1 kg, pepaya 2 kg, dan kangkung 2 kg.
4.      Pada minggu keenam diberi pakan pelet 6 kg, turi 3 kg, lamtoro 2 kg, pepaya 3 kg, dan kangkung 3 kg.
5.      Pada minggu ketujuh diberi pakan pelet 8 kg, turi 4 kg, lamtoro 2 kg, pepaya 4 kg, dan kangkung 4 kg.
6.      Pada minggu kedelapan diberi pakan pelet 10 kg, turi 5 kg, lamtoro 3 kg, pepaya 5 kg, dan kangkung 5 kg.
Setelah lele dumboberumur IV minggu, pemberian daun-daunan dapat langsung diberikan tanpa dipotong kecil-kecil, karena pada umur IV minggu lele dumbosudah mulai besar dan kuat. Daun kangkung dapat diganti dengan daun enceng gondok atau daun ubi. Demikian resep sederhana ini, mudah-mudahan bermanfaat. Mari kita selalu bertukan info yang bermanfaat, semoga mendapatkan berkah.


0 Response to "Cara Membuat pakan alternatip murah dan efektif dengan memadukan taman sayuran dan kolam lele, berikut konsep dan tipsnya ...."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel (GA)

google.com, pub-9636701731608632, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan Tengah Artikel 1 (GA)

google.com, pub-9636701731608632, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan Tengah Artikel 2 (PC)

loading...

Iklan Bawah Artikel (GA)

google.com, pub-9636701731608632, DIRECT, f08c47fec0942fa0