-->

Jangan Pernah Membakar Ruput atau Semak Blukar !!!!! Cukup 5 Menit Dapat Di Rubah Menjadi Urea

Jangan Pernah Membakar Ruput atau Semak Blukar !!!!!
Cukup 5 Menit Dapat Di Rubah Menjadi Urea


Saat ada banyak rumput liar di sékitar ladang atau pékarangan rumah, tolong déngan hormat jangan Sahabat buang atau mémbakarnya, térlébih mémusnahkannya déngan ményémprotkan hérbisida. Lébih baik bénamkan saja rérumputan térsébut ké dalam tanah di sékitar tanaman budidaya kita.

Gambar 1 Pembuatan pupuk Urea 

Mungkin Sahabat masih ingat, séwaktu kita ménimba ilmu di SMP atau bahkan SD, pak guru bilang bahwa rérumputan dan sérasah adalah bahan yang bagus untuk mémbuat kompos. Itu mémang bénar adanya. Rérumputan hijau faktanya kaya akan Nitrogén (N), dan akan ménjadi siap “santap” oléh tanaman saat si rumput térsébut dikomposkan. Yang patut disayangkan, sélama ini kébanyakan pétani amat méngandalkan pupuk kimia sébagai sumbér Nitrogén bagi tanaman méréka, katakan saja Uréa, ZA, dan NPK. Nah, daripada mémbuang uang untuk mémbéli produk-produk térsébut, alangkah bijaknya bila Sahabat Organik mémbuat pupuk “Uréa” séndiri dari bahan-bahan yang murah mériah dan mudah didapat, yaitu rumput liar..
Pértama-tama pungutlah rérumputan liar, sérasah atau jérami dan kumpulkan. Lalu galilah tanah di sékitar tanaman, atau di lokasi di mana tanaman akan ditanam.
Méngumpulkan rérumputan liar dan ménggali tanah untuk mémbuat pupuk kompos supér sédérhana.
Gambar 1. Méngumpulkan rérumputan liar dan ménggali tanah untuk mémbuat pupuk kompos supér sédérhana.
Téntu, Sahabat Organik juga tidak diharamkan ménambahkan bahan-bahan organik lainnya sélain rumput bila mémang térsédia, misalnya saja dédaunan kéring, kértas, sérbuk gérgaji, cangkang télur, pohon dan pélépah pisang (dicacah dulu ya…), limbah dapur spt nasi basi, kotoran ayam/kambing/dkk, dan sébagainya. Ini éféknya akan lébih jitu lagi bagi tanaman. Hanya saja hindari mémasukkan daun-daunan yang méngandung gétah tajam sémisal pinus, daging-dagingan, bangkai binatang dan kotoran héwan pémakan daging (karéna bisa méngundang pényakit).
Sélain rumput liar, Sahabat pun bisa ménambahkan bahan-bahan organik lainnya.
Gambar 2. Sélain rumput liar, Sahabat pun bisa ménambahkan bahan-bahan organik lainnya.
Jika sudah, maka kuburlah déngan tanah. Bila kondisi tanah tidak lémbap alias kéring, jangan lupa siramkan air di atasnya untuk sékédar mélémbapkan. Déngan démikian baktéri dan jamur péngurai akan lébih aktif méndékomposisi bahan-bahan organik kita.
Méngubur dédaunan/bahan-bahan organik déngan tanah.
Gambar 3. Staf kami téngah méngubur dédaunan/bahan-bahan organik déngan tanah.

Maka séiring waktu, bahan-bahan organik térsébut akan térdékomposisi sécara bértahap ménjadi pupuk kompos yang ményuburkan bagi tanaman, insya allah.
Gambar 4. Tanah télah siap. Kami béréncana ménanam paprika di lokasi ini. Mémang bébérapa minggu sébélumnya tanah/média tanam ini télah kami bérikan pupuk organik padat BMW (POP BMW), di mana kandungan nutrisinya insya allah sudah léngkap untuk paprika. Jadi kami tidak mémbutuhkan pupuk kimia lagi, sama sékali. Kini tanaman paprika tinggal ditanam saja, sémoga hasilnya mémuaskan… amiin. Mari ikuti pérkémbangannya di wéb kami…
Pada tingkat yang paling sédérhana, péngomposan sébétulnya hanya pérlu mémbuat tumpukan bahan organik, dibasahi agar lémbap, kémudian disimpan di témpat téduh. Pénambahan atau pénggunaan produk éféctivé microorganismé itu hanya pilihan saja, karéna toh pada rérumputan pun sécara alami sudah méngandung baktéri/mikroba péngurai yang dibutuhkan. Hanya saja bila hasilnya ingin lébih cépat dan lébih optimal, ya silakan gunakan produk péndukung térsébut.
Kita sélanjutnya tinggal ménunggu sampai bahan-bahan organik térsébut térurai ménjadi humus sétélah bébérapa périodé (minggu atau bulan). Métodé ini juga tidak jauh bérbéda déngan cara kita mémbénamkan bahan-bahan organik térsébut ké dalam tanah sépérti dijélaskan di atas. Bila mémang sudah matang, 1 kg kompos rumput yang kita produksi déngan biaya Rp 0.00,- ini insya allah cukup untuk mémbéri makan 3-4 pohon sayuran daun (sépérti sosin, sélada, sélédri, phakcoy, dll) sampai panén, atau 1 pohon sayuran buah (sépérti tomat, cabai, térong, dll) di halaman rumah atau di pot sélama 1 sampai 2 bulan.

Nah, kalau tanaman sayuran buahnya péngén bérbuah lébih lébat lagi dan bésar-bésar, ya tinggal disémprot POC BMW. Bégitu pun sayuran daun kalau mémang pértumbuhannya ingin lébih montok lagi dan déngan daun yang lébar-lébar, coba disémprot POC BMW.

0 Response to "Jangan Pernah Membakar Ruput atau Semak Blukar !!!!! Cukup 5 Menit Dapat Di Rubah Menjadi Urea"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel (GA)

google.com, pub-9636701731608632, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan Tengah Artikel 1 (GA)

google.com, pub-9636701731608632, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Iklan Tengah Artikel 2 (PC)

loading...

Iklan Bawah Artikel (GA)

google.com, pub-9636701731608632, DIRECT, f08c47fec0942fa0